Blognya tiara

March 27, 2010

Pengembangan Aplikasi Web

Filed under: ekonomi — tiara2702 @ 9:50 am

Para ahli mengembangkan kerangka nilai yang berdasarkan pemasaran dalam rangka membantu perusahaan agar memahami bisnis mereka dengan lebih baik. Kerangka ini di awali dengan proposisi nilai website yang menerangkan keuntungan apa yang ditawarkan oleh bisnis. Front End adalah tampilan dari sebuah site. Sebagai bentuk dari gabungan desain grafis dan HTML. Sebagian orang menyebutkan sebagian User Interface (UI). Mempertimbangkan langkah ini sangat penting karena kejelasana rencara untuk UI akan memberikan koherensi dalam site dan sebagai perekat dalam strategi yang dibuat. Mempertimbangkan isu merupakan hal yang penting dalam download-size – menjelaskan maksimum KB per page. Termasuk juga masalah size dari HTML page dan grafis – grafis yang ada. Site yang popular adalah site yang dapat mensupport pengujung seluruh dunia pada bandwidth rendah, maksimum pada 20 KB per page. Namun demikian jangan lah terlalu memaksakan untuk memasang plug-ins scrip pemograman, dan grafis – grafis berat pada pengujung jika item ini tidak cocok dengan keinginan demografi pasar. Pemilihan Server Sebagian besar website bisnis dan organisasional hosting nya dilakukan oleh internet hosting servise, sebuah vendor yang menawarkan space sewaan pada kliennya untuk menempakan site site internet pada computer mereka.  Pertama pahami besarnya rentang pilihan Gunakan topic ini untuk menjelaskan bagaimana mencapai tujuan website dengan back-end teknologinya. Back end adalah tempat untuk menjelaskan bagaimana menangani bagian-bagian yang dinamis dari sebuah website seperti newsletter, administrator page, database registrasi, contact page atau aplikasi web yang sangat rumit lainnya. Link untuk website development Website development selau berubah setiap saat, lahan selalu bertambah dengan cepat, namun informasi juga menjadi cepat usang. Maka dari itu, cobalah untuk tidak tertinggal dalam hal ini. Berikut ini beberapa link yang dapat di gunakan sebagai tolak ukur. a) Cnet list of development tools (http://webware.cnet.com/b/li/1-1084-1118 .asp) daftar yang bagus mengenai software dan development tool terbaru terkait dengan web stone b) Yahoo list on web programming tools (http://dir.yahoo.com/Computers_and_Internet/Internet/World_Wide _Web/Programming/) c) Yahoo list on web page creation http://dir.yahoo.com/Business _and_Economy/Business_to_Business/Comunication_and_Networking/Internet_and_World_wide_Web/Web_Site_designers/>Yahoo list of page designers har more than 10,000 resources. Internet Advertising Internet advertising tetaplah advertising, apakah itu dalam bentuk banner, sponsorship, atau cara lainnya. Awareness dapat dijadikan acuan perubahan. Jika mencari tahu perubahan kebiasaan membeli dari pasar sasaran, bagaimana cara yang terbaik untuk mencapai group tersebut dengan cara yang paling efektif. Untuk memudahkannya memasuki dunia periklanan ini, dapat di mulai dari yahoo listing on website promotion: (http://dir.yahoo.com/computer_and_internet/internet/world_wide_web/site_announcement_and_promotion/.) Advertising sebagai komunikasi Advertising adalah komunikasi, yang mengirimkan pesan. Kampaye advertising, tanpa melihat cakupan dan ukurannya, akan menggambarkan organisasi, produk, dan layanan, serta nilai diri. Advertising adalah salah satu wilayah bisnis dimana tidak ada seorang pun ingin mengambil resiko yang tidak perlu. Advertising seharusnya dapat mendukung dan memperbaiki kredibilitas perusahaan dan solusi aktif dalam memenuhi kebutuhan konsumennya.  Pemilihan tujuan yang paling tepat Setelah membangun perencanaan selanjutnya focus dilakukan pada segmentasi pasar dan pengembangan pasar sasaran. Taktik advertising harus dapat menyampaikan pesan-pesan perusahaan ke pasar sasaran.  Pesan iklan Setiap kampaye iklan harus melibatkan pesan. Apakah pesan sesuai dengan analisa situasi, sebagai contoh: -Kebanyakan advertising berisi pesan informasional sederhana, seperti nama dan alamat, daftar harga, atau lokasi -Tanda lalu lintas di jalan raya memberitahukan penggunaan jalan bahwa ada restoran di dekat tempat itu, ini sebuah pesan informasional Beriklan di internet Beberapa kaidah yang umum diterima dalam advertising di internet antara lain: o Iklan harus menarik secara visual o Iklan harus ditargetkan pada group tertentu atau konsumen individual o Isinya harus cukup bernilai bagi konsumen o Iklan harus merupakan bagian dari strategi pemasaran secara keseluruhan o Iklan setidaknya dihubungkan langsung dengan proses pemesanan o Pendesaian iklan internet. Desain website yang berhasil adalah sebuah seni sama halnya dengan sciense. Dalam buku success determinants of E-Commerce Web Site Desain yang ditulis oleh D. Gerrke dan Efraim Turban mengidentifikasi bahwa terdapat 50 variable yang dapat meningkatkan / menurunkan kepuasan pembeli terhadap halaman web dan kerelaan mereka untuk membaca iklan. Kelima puluh variable tersebut di bagi menjadi 5 katagori, yaitu:  Page loading speed  Tampilan grafis dan table-tabel harus sederhana dan penuh makna.  Icon graphs haruslah memiliki fungsi yang sangat membantu.  Business content  Text yang ringkas dan jelas sangatlah diperlukan. Perlu suatu keharmonisan antara page title dan header text.  Jumlah informasi yang diminta untuk pendaftaran haruslah minimal  Navigation efficiency  Keharusan link yang penuh arti, akurat, dan menarik pada setiap iklan.  Site harus kompatibel dengan semua platform baik itu OS, browser, software, dll  Security dan privacy  Adanya kepastian dan keamanan dan privasi  Penolakan pilihan cookies merupakan keharusan.  Marketing customer focus  Terdapat kejelasan mengenai term dan condition pembelian, termasuk informasi pengiriman  Kebijakan pengembalian dan sebagainya  Adanya halaman konfirmasi yang muncul setelah proses pemesanan dilakukan  Internet advertising Terdapat beberapa alasan mengapa perusahaan beriklan melalui internet, diawali dengan pemirsa televise yang berimigrasi ke internet, tujuan para pengiklan adalah meraih target audience secara efektif dan efisien. Sangat jelas bahwa pengguna internet merupakan salah satu target yang di incar oleh pengiklan. Alasan mengapa pengiklan di internet tumbuh sangat cepat antara lain: o Iklan dapat di up date setiap saat dengan biaya minimal o Iklan dapat meraih pembeli potensial dalam jumlah besar secara global o Iklan online kadang lebih murah bila dibandingkan dengan televise o Iklan di web dapat secara efisien menghubungkan antara text, audio, grafis, dan animasi o Pengguna internet sendiri semakin hari semakin bertambah o Iklan web dapat menjadi sangat interaktif dan ditargetkan pada group tertentu dan atau individual Tidak dapat di pungkiri bahwa internet telah mengalahkan televise dalam sosialisasinya di masyarakat. Mau tidak mau pengiklan harus mulai menetapkan metode yang paling sesuai dengan produk yang ditawarkan, agar produk tersebut tidak tenggelam diantara jutaan iklan dalam usaha menarik perhatian pengguna internet. Terdapat beberapa metode utama yang sering digunakan untuk iklan intenet. Banner Banner advertising masih merupakan bentuk paling sering digunakan untuk beriklan di internet. Jika anda melakukan surfing di informasion superhighway, banner ada di mana- mana. Banner ini berbentuk image, ukuran file besarnya antara 7kb sampai 10kb. Semakin kecil ukurannya akan semakin mudah loadingnya. Biasanya banner berisikan teks pendek atau pesan grafikal untuk mempromosikan sebuah produk. Manfaat utama dari pengguna banner ini adalah kemungkinan perusahaan untuk mengidentifikasikan diri pada target audience. Sedangkan kelemahannya adalah sempitnya tempat membuat hanya sedikir informasi yang tertampung. Bentuk yang paling umum dipakai adalah:  Banner swapping Artinya bahwa perusahaan A setuju untuk menampilkan banner perusahaan B, dengan maksud agar perusahaan B menampilkan iklan perusahaan A. inilah yang di sebut dengan direct link antar website  Banner exchange Merupakan organisasi yang mengatur trading antara tiga atau lebih partner. Cara kerjanya mirip dengan bartering exchange biasa. Dimana sebuah perusahaan mensubmitkan bannernya ke exchange servise dan kemudian mendisplay sebuah link pada salah satu halaman webnya yang mana akan mendisplay banner yang berbeda setiap halaman web tersebut di akses.  Paid advertising Membeli space iklan banner di internet sama seperti halnya membeli space iklan di media lainnya. Namun demikian, pilihan ini biasanya lebih mahal dari pada media tradisional lainnya. Juga, di internet biasanya kita di batasi oleh ukuran dan jumlah konten (teks dan grafis) 2. Splash screen Splash screen adalah initial web site page yang dipakai untuk menarik perhatian user beberapa saat untuk berpromosi atau menggiring mereka ke site homepage atau memberitahu user jenis browser dan software lain yang mereka perlukan untuk menampilkan site. Keuntungan dari splash screen adalah pengiklan dapat menciptakan efek multimedia inovatif atau menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk pengiriman dari kunjungan seseorang. 3. Spot Leasing Berbeda dengan banner yang muncul pada waktu yang berbeda, penempatan iklan di spot akan selalu ada disana, karena dapat menurunkan persaingan. Kelemahan spot leasing adalah ukuran iklan biasanya kecil dan terbatas, menyebabkan banyak user yang tidak memperhatikan. Selain itu biayanya bisa sangat tinggi. 4. URL (Universal Resource Locators) Keuntungan menggunakan URL sebagai advertising tool, yaitu bahwa URL ini gratis. Siapa saja dapat men-submitkan URL-nya ke search engine agar masuk listing. Dipihak lain URL ini memiliki beberapa kelemahan. Pertama, karena tingginya persaingan, kedudukan URL diposisi teratas list search engine dapat digeser orang lain. 5. E-mail Cara lain untuk beriklan di internet adalah dengan e-mail. Pengiklan dapat membeli sejumlah alamat e-mail dari provider dan mengirim informasi perusahaan atau produk ke mereka yang ada didalam daftar. Keuntungannya, iklan melalui e-mail ini berbiaya rendah dan dapat mencapai target audience dalam jumlah besar. Kelemahannya, jika kita mengirimkan e-mail ke orang atau kelompok yang salah maka dapat dianggap telah melanggar privasi orang lain. Akibatnya dapat di-black list dari internet. 6. Chat Room Chat room mengacu pada pengaturan di mana partisipan dapat bertukar pesan secara real time. Chat room dapat digunakan membangun komunitas untuk mempromosikan berbagai isu yang terkait dengan suatu kelompok. Dengan demikian, chat room sangat cocok untuk metode marketing one-to-one connections antara perusahaan dengan pelanggannya. 7. Bentuk lain Online advertisement dapat dilakukan dalam berbagai cara lain mulai dari beriklan di newsgroup sampai dengan pemanfaatan warnet. Strategi dan Implementasi Internet Advertising  Passive pull strategy Strategi model ini dilakukan jika halaman-halaman web hanya menunggu akses konsumen pasif, dan biasanya disebut passive pull strategy. Passive pull strategy cukup efektif dan ekonomis ketika advertising itu terbuka, tidak mengidentifikasikan potensial konsumennya diseluruh dunia.  Active push strategy Strategi mengirim e-mail ke orang-orang yang memiliki keterkaitan dengan isi website disebut Active push strategy. Persoalan yang perlu dipikirkan oleh orang yang memilih strategi ini, harus mengetahui bagaimana mengatur daftar e-mail dari orang-orang yang menjadi targetnya.  Associated Display Strategy Jika pemilik website dapat mengidentifikasi siapa-siapa saja orangnya dan halaman-halaman yang diakses, mendisplay sebuah associated ad dapat menjadi sebuah strategi beriklan efektif.  Ad as Commodity Berdasarkan strategi ini, sebuah iklan akan dijual sebagai produk, seperti yang dilakukan oleh CyberGold dan masih banyak lainnya. Pada CyberGold website, pengunjung akan mengisi data-datanya yang kemudian CyberGold mendistribusikan banner ditergetkan berdasarkan profile yang dimasukkan pengunjung. Setiap banner diberi keterangan jumlah bayaran dari membacanya. Jika tertarik pengunjung meng-click banner yang diinginkan, member test pada isi website, dan dibayar atas usahanya tersebut. Pengunjung dapat memilih apa yang ingin dibacanya, dan pengiklan dapat memberikan tingkat harga yang Bergama berdasar frekuensi yang keinginan si pengunjung. Strategy Pencarian Berhubungan dengan site pencarian di internet dapat menjadi sangat kritis dalam meningkatkan traffic website. Bagi beberapa orang, masalah perengkingan berkaitan dengan keahlian dan dedikasi, sedangkan bagi orang lain merupakan usaha yang memerlukan sejumlah uang untuk konsultasi. Hampir sama dengan publick relation, apa yang diperlukan dan apa yang didapat dari perengkingan ini sangat tergantung dengan spesifikasi. Website pencari digunkan oleh ratusan juta pengguna internet untuk menemukan website, dan informasi di internet. Penempatan site yang tepat di website pencari ini akan dapat mendatangkan perbedaan besar dalam hal kedatangan traffic. Seperti bila memiliki ranking yang tinggi pada site-site terkenal seperti yahoo, google, exite, maupun website popular lainnya akan sangat membantu dalam mendatangkan pengunjung. Sayangnya, penempatan website di site pencari besar sering disalahartikan. Kesuksesan dalam memperoleh tempat yang baik dalam daftar pencarian sangat tergantung dengan proses submission yang sangat hati-hati, keyword, meta tag, dan pengetahuan teknis lainnya. Ini merupakan kebalikan dari model submission advertising otomatis pada umumnya, di mana paket software atau layanan submission dapat menggantikan pengetahuan yang mendalam serta kerja keras. Berita baiknya adalah kerja yang baik dalam penempatan diri di search engine, pengetahuan yang dapat menempatkan website pada posisi baik, merupakan keunggulan yang tidak dapat dibeli. Seperti halnya kesuksesan public relation dengan penempatan media, kemampuan penempatan pencarian dapat memberikan kekuatan pada website, mengesampingkan anggaran mepet.  Internet marketing links Konsep-konsep internet marketing berubah dengan cepat. Untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai masalah ini dapat diketahui melalui beberapa website berikut. Links tentang internet advertising : • Yahoo listing on Internet Advertising: http://dir.yahoo.com/Computers_and_Internet/Internet/Business_and_Economics/Advertising_on_Web_and_Internet/ • Ligthing Out Consulting: http://www.lightingout.com/ website milik Sabrina Berry Parsons’ consulting company. • Hits to sales: http://www.hitstosales.com/ memfokuskan diri pada strategi pencarian tetapi juga mengangkat masalah internet marketing secara umum. Links tentang strategi pencarian: • Search Engine Watch: http://www.searchenginewatch.com/ • Laisha’s search strategies: http://www.laisha.com/search.html/ • Getting listed Yahoo listing on search engines: http://dir.yahoo.com/Computers_and_Internet/Internet/World_Wide_Web/Site_Announcement_and_Promotion/Search_Engine_Placement_Improvement/ Analisis Keuangan Anggaran Sebagian perusahaan membelanjakan 50% penjualan pada website mereka, ada juga yang hanya menggunakan 10%-nya saja, tetapi ada perusahaan yang sama sekali tidak mengeluarkan apa-apa. Kita dapat melihat di sini bahwa tingkat pengeluaran merupakan kondisi yang strategis dan sangat taktikal. Karena internet masih sangat baru dalam dunia bisnis, maka akan sedikit sekali petunjuk dalam hal ini, kecuali masa setelah booming trend internet melalui website dengan model pengeluaran cara mereka sendiri. Terdapat beberapa keuntungan dari pembuatan dan penggunaan anggaran website spesifik:  Tujuan dari anggaran website adalah untuk mengontrol pengeluaran dan memproyeksikan pendapatan.  Anggaran website juga membantu dalam mengkoordinasi aktivitas bisnis lainnya, seperti marketing dan support, dalam keseluruhan organisasi.  Anggaran realities dapat menatapkan sebuah standar performance dari action, dan mengkomunikasikan standar-standar tersebut pada penanggung jawab lain untuk mengimplementasikan strategi merketingnya.  Anggaran yang dibuat dengan baik juga merupakan alat untuk mempertahankan target dan mengindikasikan jika terdapat beberapa modifikasi yang diperlukan pada rencana web terutama jika terjadi sesuatu yang benar atau salah.  Anggaran pengeluaran website sederhana Seperti anggaran lain, anggaran pengeluaran website juga seperti rencana. Terdapat rencana pembelanjaan, rencana aktivitas, rencana penjualan, rencana web, kesemuanya dihubungkan dengan proyeksi yang hati-hati dan alokasi sumber daya. Perhitungan anggaran biaya ini sangatlah sederhana, pengisian yang membutuhkan kerja, tetapi tidak dengan desain tabelnya. Yang dibangun berdasarkan ramalan yang bertanggung jawab, tanpa analisis statistic, teknik matematika, atau data masa lalu lainnya. Setelah dibuat anggarannya, maka dapat mulai memikirkan aducated guess. Dengan mempertimbangkan objek rencana, aktivitas sales dan marketing, dan bagaimana menghubungkan pembelanjaan dengan strategi.  Contribution Margin Contribution margin akan mengurangi pengeluaran spesifik pengoperasioan yang dihubungkan dengan proyek yang teridentifikasi dari gross margin. Ini sama halnya dengan proyek spesifik berorientasi profit. Pendekatan Penganggaran Web Dalam bisnis secara umum, terdapat pendekatan yang dapat dipakai untuk membuat anggaran, pendekatan-pendekatan ini didasari pada aturan-aturan umum. Contohnya, software publisher bermaksud membelanjakan 40% salesnya pengeluaran penjualan dan marketing, sesuai dengan garis pedoman indrustial yang diterima secara umum. Beberapa contoh garis pedoman tersebut antara lain: a. Pengeluaran untuk iklan dan operasional b. Prosentase penjualan c. Prosentase projected gross sales d. Prosentase past gross sales e. Per unit penjualan f. Alokasi musiman g. Proyeksi aliran kas Dengan pengeluaran website, tidak akan dapat ditemukan pedoman-pedoman umum atau aturan-aturan ini karena internet masih sangat baru, sangat beragam, untuk dibuat standar pedomannya. Contribution margin mengukur pengaruh financial bisnis terhadap proyek website, mempertimbangkan gross margin dan pengeluaran-pengeluaran ooperasional yang teridentifikasi. Rekomendasi dunia nyata Perhatikan pengeluarannya, pastikan pengeluaran yang proposional dengan sumber daya bisnis dan penjualan internetnya. Test asumsi: 1. Pertimbangan apakah benar-benar perlu memiliki website Sebuah bisnis tidak memerlukan website karena banyak orang yang mengatakan begitu. Jangan terjerat dalam standar klise. Perlu pemikiran yang mendalam ata implikasi kenyataan dunia:  Website adalah alat bisnis baru yang sangat berharga. Sama seperti nomor telepon, layanan pengiriman terorganisir, dan masih banyak yang lainnya.  Tempatkan website dalam konteks bisnis yang realities. Permintaan akan pengeluaran website dan benefit website sangatlah realities. 2. Tempatkan Proses dalam Sebuah Perspektif Jangan pernah melupakan business forecasting fundamentals. Sebuah anggaran merupakan educated guess dan alat manajemen. Anggaran sebagai bagian dari business forecasting. Satu cara terbaik membuat anggaran adalah dengan membuat proyeksinya berdasarkan performance yang lalu. Data dan informasi masa lalu ini sangat membantu sebagai fondasi pembuatan anggaran berikutnya. Jika tidak memiliki data masa lalu sebagai perbandingan, maka akan sulit untuk menetapkan anggaran karena tidak ada landasan. Anggaran juga perlu dipecah menjadi beberapa bagian penting, sehingga setiap bagian dapat diatus sendiri dan membuatnya lebih berarti.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: